Sabtu, 27 Agustus 2011

Pemerintah Janjikan Pengelolaan Arus Mudik 2011 Lancar


Pemerintah Janjikan Pengelolaan Arus Mudik 2011 Lancar - Pemerintah Mengelola Mudik Lebaran 2011 - Negara Atau Pemerintah Mengelola Mudik Lebaran 2011 - Berita Nasional Terbaru - Berita Nasional Seputar Mudik Lebaran 2011 - Sumber Info Mudik 2011.


Disini saya akan menyajikan beberapa berita atau info yang bersumber dari pemerintah yang menjanjikan akan mengelola arus mudik lebaran 2011 Lancar. Dalam hal ini Pemerintah mengatur beberapa bagian yang di anggap sumber kendala, yaitu sarana dan prasarana, selain itu juga pemerintah menyiapkan beberapa fasilitas mudik yang mudah di jangkau, dan banyak yang lainnya. Dan berikut adalah info langsung dari Jakarta yang saya rangkum dari salah satu pemilik blogg di jakarta. Nah ini dia berita selanjutnya;


Jakarta – Pemerintah menjanjikan pengelolaan arus mudik lebih lancar pada tahun ini mengingat masalah yang akan menghalangi tradisi masyarakat tersebut diselesaikan secepatnya.
“Kami telah menemukan enam masalah yang harus diselesaikan secepatnya dalam menghadapi musim mudik kali ini. Kita akan bereskan secepatnya agar masyarakat bisa mudik dengan lancar,” kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi di Jakarta, Senin (25/7). Diungkapkannya, ada ada enam hal pokok yang harus mendapatkan perhatian khusus, terutama terkait dengan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya di seluruh Indonesia. Khususnya dijalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan Pantai Selatan Jawa yang menjadi lintasan paling banyak dilewati pemudik. Permasalahan yang hingga kini masih menjadi pusat perhatian pemerintah diantaranya pasar tumpah di ruas jalan utama dimana terdapat 88 pasar tumpah di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Begitu juga dengan kepadatan arus kendaraan roda dua atau sepeda motor yang sulit untuk ditekan. Bahkan diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga lebih dari 7 persen pada musim mudik mendatang. “Diprediksi meningkat 7,42 persen dari 2,3 juta tahun lalu menjadi 2,47 juta tahun ini. Jumlah kendaraan roda empat juga akan naik 6,8 persen menjadi 1,63 juta dari 1,54 juta pada 2010,” jelasnya. Menurutnya, pemudik menggunakan sepeda motor harus dikelola dengan baik dan harus ada peran serta dari semua pihak dan semua sektor untuk menyukseskan agenda nasional tahunan itu.

Selain dua hal di atas, kondisi yang perlu mendapat perhatian adalah penyelesaian pembangunan jembatan
di beberapa titik diantaranya di Dryport kawasan Industri Cikarang, Subang, Brebes, Pait, dan Kendal.
Menurut Dirjen Bina Marga Kementrian PU, Djoko Murjanto untuk pekerjaan konstruksi selama musim mudik lebaran maka akan dihentikan terlebih dahulu dan akan dilanjutkan usai lebaran sehingga arus lalu lintas bisa berjalan sebagaimana mestinya dan dapat mengurangi kemacetan. “Dari 38.500 kilometer (km) jalan nasional yang ada di Indonesia, 89,5% dinyatakan dalam kondisi mantab, sedangkan sisanya dalam kondisi rusak ringan dan berat. Kesulitannya karena belum selesainya pembebasan lahan,” ujar Djoko. Permasalahan lainnya adalah perlintasan sebidang dengan rel kereta api (KA) yang berpotensi menimbulkan antrian panjang kendaraan diantaranya di Pejagan (Brebes), Cicalengka (Bandung), Sumpiuh (Banyumas), Karanganyar (Kebumen), dan Prupuk (Tegal). Hal lain yang harus mendapatkan perhatian adalah titik-titik lokasi sumbangan pembangunan tempat ibadah yang menggunakan badan jalan dan dapat menghambat laju kendaraan, serta yang keenam adalah kondisi jalur Pantura dan selatan diantaranya jalan lingkar Nagrek.

Selain itu ruas jalan Bumiayu-Prupuk yang ditutup karena longsor dan sudah dapat digunakan, dan pelebaran di lingkar luar Pemalang. Kemenhub memperkirakan jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini untuk seluruh moda transportasi mencapai 15,47 juta orang. Jumlah tersebut meningkat 4,14 persen dibandingkan Lebaran tahun 2010 lalu yang mencapai 14,85 juta orang. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub yang juga menjabat Koordinator Angkutan Mudik Lebaran 2011, Suroyo Alimoeso menyatakan peningkatan jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini disebabkan karena puncak arus mudik berada pada akhir pekan, yaitu H-5 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada H+5.

Nah itulah Pemerintah Janjikan Pengelolaan Arus Mudik 2011 Lancar - Pemerintah Mengelola Mudik Lebaran 2011 - Negara Mengelola Mudik Lebaran 2011 - Berita Nasional Terbaru - Berita Nasional Seputar Mudik Lebaran 2011 - Sumber Info Mudik 2011.
Yang dapat saya sajikan kali ini, semoga bermanfaat.

Iman Zenit / jadilah.com

0 komentar:

Tinggalkan Komentarmu